6 TABI’AT LUHUR ORANG IMAN

RUKUN, KOMPAK, KERJA SAMA YANG BAIK, JUJUR, AMANAH DAN MUJHID MUZHID

1. RUKUN
Tidak punya unek-unek jelek, dengki, iri hati kepada sesama orang iman Supaya saling mengasihi, bantu membantu dalam kebaikan, tolong menolong, kuat memperkuat dan saling mendo’akan yang baik. Kalau bertamu sesama Orang Iman diusahakan dengan wajah yang ceria Sabda Rasulullah صلىالله عليه وسلم : TAROL MUKMININA FI TARO HUMIHIM WATAWADDIHIM WATHOATUFIHIM KAMASTALIL JASADI ITSAS TAKA UDHWAN TADA’ALAHU SAIRU JASADIHI BISSAHARI WALHUMMA. (Rowahu Bukhori) = Engkau (lukman) melihat orang-orang iman didalam kasih sayang mereka, saling menyenangkan mereka, dan saling mengasihi mereka sebagai satu tubuh, ketika satu anggota badannya sakit maka seluruh tubuh ikut merasakan sakit tidak bisa tidur dan demam.


5 Syarat menjaga kerukunan : 1. Bicara yang baik, pahit madu, 2. Berwatak yang jujur, bisa jaga amanah bisa dipercaya dan mempercayai, 3. Sabar Keporo ngalah, rebutan ngalah 4. Tidak merusak sesama orang iman 5. Saling memperhatikan dan menjaga perasaan

2. KOMPAK
Dalam kegiatan-kegiatan yang telah menjadi amrin jami’in dikerjakan bersama-sama dg giat senang gembira, holobis kontul baris saiyek saeko proyo (seiya-sekata). Sabda Rasulullah صلىالله عليه وسلم : ALMUKMINU LILMUKMINI KALBUYYANI YASYUDDU BA’ATHUHU BA’ATHAN (Rowahu Tharmidhi) = Orang iman terhadap orang iman yang lain sebagaimana bangunan yang saling memperkuat antara satu dengan yg lain.

3. KERJA SAMA YANG BAIK
Saling peduli, saling mendukung, saling melancarkan, tidak jegal menjegal, tidak saling ngentahi atau nggembosi, tidak jatuh menjatuhkan, tidak rugi merugikan dan tidak fitnah memfitnah Firman الله : WATA’AWANU ‘ALALBIRRI WATTAQWA WALA TA’AWANU ‘ALAL ITSMI WAL’UDWAN (Alma’idah 2) = Dan tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan taqwa dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan/pelanggaran.

4. JUJUR
Berkata yang baik, apa adanya tidak dusta, tidak menipu, polos, apa adanya Firman الله : YA AYYUHALLADHI NA’AMANU ITTAQULLAHA WAKUNU MA’ASH SHABIRIN (Attaubah 119) = Wahai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada الله dan jadilah kamu bersama orang-orang yang benar / jujur. Sabda Rasulullah صلىالله عليه وسلم : ‘ALAIKUM BISH SHIDQI FAINNASH SHIDQA YAHDI ILAL BIRRI WAINNAL BIRRA YAHDI ILAL JANNAH WAMA YAZALUR RAJUL YASHDUQU WAYATAHARRASHIDQA HATTA YUKTABA INDALLOH SHIDDIQON WIYYAKUM WALKADHIBA FAINNAL KADHIBA YAHDI ILAL FUJUR WAINNAL FUJURO YAHDI ILANNARI WAMA YAZALUR RAJULU YAKDHIBU WAYATAHARROL KADHIBA HATTA YUKTABA ‘NDALLOHI KADH DHIBAN (Rowahu Muslim ) = Tetapilah kejujuran sesungguhnya jujur itu menunjukkan pada perbuatan baik dan sesungguhnya perbuatan baik itu menunjukkan pada surga dan tidak henti hentinya seseorang berbuat jujur dan sungguh-sungguh berusaha jujur sehingga ditulis disisi الله orang yang AHLI JUJUR, dan jauhilah dusta dan sesungguhnya dusta itu menunjukkan pada kedurhakaan dan sesungguhnya kedurhakaan itu menunjukkan pada neraka, tidak henti-hentinya seseorang berdusta dan bersungguh-sungguh dusta sehingga ditulis disisi الله sebagai AHLI DUSTA.

5. AMANAH
Bisa dipercaya dan bisa menjaga kepercayaan itu, tidak berkhianat / tidak merusak kepercayaan dan menyampaikan haq kepada yang berhak menerima. Firman الله : INNALLOHA YAK MURUKUM ANTU ADDU AMANATI ILA AHLIHA (Annisa 85) = Sesungguhnya Alloh memerintahkan kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya. Sabda Rasulullah صلىالله عليه وسلم : ADDIL AMANATA ILA MANIK TAMANAKA WALA TAKHUN MAN KHONAKA (Rowahu Abu Daud) = Sampaikanlah amanah kepada orang yang memberi kepercayaan kepadamu dan jangan mengkhianati orang yang mengkhianatimu.

6. MUJ'HID MUZHID
Mujhid artinya, nyambut gawe mempeng "Kerja giat bersemangat, berhasil dan kurub". Muzhid artinya, Tirakat banter, hidup hemat, gemi setiti, ati-ati, tidak boros dan bisa mengukur antara kemauan dan kemampuan. Sabda Rasulullah صلىالله عليه وسلم : QAD AFLAHAL MUZHIDUL MUJHID (Rowahu Ahmad) = Sesungguhnya beruntung orang yang hidup hemat dan bekerja giat

2 komentar:

salam kenal masbro....!jngan lupa mampir

http://iza4all.blogspot.com/

 

tolong ditulis arabnya dong...biar kita bisa pas. mengucapkannya...sukron

 

Posting Komentar